Pelatihan Satlakar Kabupaten Bogor


Pemadam Kebakaran sebagai Institusi yang menangani bidang pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran senantiasa berusaha memberikan pelayanan terbaik dalam upaya penanggulangan kebakaran di wilayah Kabupaten Bogor. Jumlah Kebakaran yang sering terjadi dan wilayah yang sangat luas serta jumlah SDM/Petugas Pemadam Kebakaran dan sarana nya yang terbatas menjadi pemikiran bersama untuk tetap memberikan pelayanan penanggulangan kebakaran di wilayah Kabupaten Bogor.

Salah satu program kerja UPT Pemadam Kebakaran untuk mengantisipasi berbagai keterbatasan tersebut adalah dengan mengadakan sosialisasi/penyuluhan pencegahan dan penanggulangan kebakaran yang ditujukan kepada masyarakat berupa Pelatihan SATLAKAR (Satuan Relawan Kebakaran). Terbentuknya SATLAKAR adalah wujud dari Pemberdayaan Masyarakat dan sebuah solusi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran dilingkungannya.
Maksud dari penyelenggaraan Pelatihan SATLAKAR adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat tentang kesiapan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran dilingkungannya.
Tujuan dari penyelenggaraan Pelatihan SATLAKAR adalah menciptakan sinergitas antara masyarakat dengan Instansi pemadam kebakaran sebagai bentuk partisipasi dan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pencegahan kebakaran maupun operasi pemadaman saat terjadi kebakaran.
Sehingga diharapkan melalui kegiatan Pelatihan Relawan Kebakaran ini, akan tercipta kesadaran/kepedulian masyarakat dan Partisipasinya dalam upaya pencegahan dan penanggulangan dini kebakaran di lingkungannya masing-masing

ingin punya domain sendiri?