LARANGAN MENGGUNAKAN HANDPHONE DI SPBU

Sepertinya kita sudah biasa melihat tanda seperti dibawah ketika kita hendak mengisi bahan bakar di pom bensin atau SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum), yaitu tanda larangan merokok dan menggunakan cell phone atau telepon genggam. Mungkin banyak dari kita sudah tahu kalau wajar kita tidak boleh merokok di arel SPBU karena bara api dari rokok tersebut dapat menyambar uap bensin yang ada sehingga bisa memicu ledakan atau kebakaran, namum apa hubungannya dengan handphone atau telepon genggam ?? kenapa musti dilarang ??
Kebetulan semester kemarin saya mengambil mata kuliah Medan elektromagnetik, dan saya pun akhirnya mengerti kenapa kita di areal SPBU tidak boleh menggunakan handphone, dan tentunya saya tidak berani untuk bicara seperti ini sebelum saya lulus mata kuliah medan elektromagnetik ini . Supaya paham maka saya menjelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Hukum Maxwell yang ketiga atau sama saja dengan Hukum Faraday tentang medan elektromagnetik yang melewati sebuah permukaan konduktor loop tertutup.



Hukum tersebut menyatakan bahwa, curl dari medan elektrik di sebuah loop sama dengan jumlah fluks magnet yang melewati permukaan loop tersebut selama perioda waktu tertentu. Dengan kata lain apabila ada gelombang elektromagnet yang melewati sebuah permukaan loop maka akan muncul sebuah tegangan atau EMF (Electromotive Force) sehingga dapat menimbulkan arus listrik di loop konduktor tersebut. Mungkin teman - teman juga pernah melihat fenomena ini, dulu sangat populer sekali yang namanya alat pereduksi radiasi yang ditempelkan di belakang handphone anda, yang berupa lampu, jadi ketika ada pesan masuk atau telepon maka lampu tersebut akan menyala. Yap, itu lah suatu contoh betapa besarnya gelombang elektromagnet yang dipancarkan sehingga dapat menyalakan lampu tersebut.
Bayangkan apabila gelombang elektromagent tersebut melewati sebuah permukaan dari konduktor loop tertutup seperti skema diatas, maka akan timbul arus di konduktor loop tersebut. Namun yang menjadi masalah adalah apabila konduktor tersebut bukan lah loop yang sempurna, melainkan ada sebuah celah kecil berukuran milimeter di sebuah loop tersebut. Hal ini akan menimbulkan beda tegangan antara 2 ujung loop tersebut, sehingga dapat menimbulkan lompatan elektron atau bunga api di loop tersebut, dan bayangkan bila hal tersebut tepat mengenai uap bensin yang ada, BOOM !. Mungkin banyak dari kita tidak menyadari bahwa banyak sekali konduktor loop tersebut di bagian mobil, yah saya tidak bisa menyebutkan satu - satu , Jadi patuhi lah untuk tidak menggunakan Handphone di areal SPBU, OK !!


Berbahayakah Alat Elektronik Portable pada Penerbangan?


Pada setiap penerbangan komersial, awak pesawat akan memberitahu penumpang untuk tidak menggunakan atau mematikan alat elektronik portable seperti handphone, tape/CD player, komputer laptop, dan game-boy, terutama selama take-off dan landing. Anjuran ini dibuat karena ada dugaan bahwa alat elektronik portable tersebut dapat membahayakan keselamatan penerbangan. Bagaimana alat-alat elektronik tersebut dapat berpengaruh pada keselamatan penerbangan?
Hal ini berkaitan dengan yang disebut sebagai interferensi elektromagnetik. Interferensi elektromagnetik di sini berarti terganggunya kerja suatu alat elektronik lain. Sebagai contoh, jika handphone yang sedang bekerja kita dekatkan pada elektronik, karena pengaruh dari medan elektromagnet yang dikeluarkan oleh alat sistem audio, seperti speaker radio atau telepon, maka mungkin dapat mengakibatkan speaker tadi mengeluarkan bunyi (tergantung dari jenis handphone dan peralatan audionya). Hal ini dikarenakan peralatan audio tadi mendapatkan interferensi dari gelombang elektromagnetik oleh handphone. Interferensi ini bisa terjadi karena frekuensi gelombang elektromagnetik yang ditimbulkannya yang dipancarkan/digunakan oleh alat tersebut berdekatan. Jika bukan terkena interferensi oleh frekuensi utama yang dipancarkannya mungkin oleh harmonisanya, yakni frekuensi sampingan yang timbul.
Trend yang berkembang pesat pada sistem pesawat terbang saat ini adalah makin banyak digunakan peralatan elektronik. Hal ini terutama terjadi pada sistem kontrol mesin, kontrol pesawat dan navigasi. Bahkan kini telah banyak pesawat yang menggunakan sistem "fly-by-wire", di mana sistem penyampaian informasi dari kokpit ke sayap dan ekor pesawat tidak lagi menggunakan sambungan mekanis, namun menggunakan kabel listrik atau optik.
Peralatan elektronik yang dipasang pada pesawat terbang kesemuanya telah didesain dengan spesifikasi yang ketat, agar terbukti keandalannya, termasuk untuk tidak mudah terinterferensi ataupun menginterferensi peralatan elektronik lain. Contohnya pada pengaturan frekuensi. ADF (Automatic Directional Finder) menggunakan frekuensi 190-1.750 KHz, VHF communication menggunakan frekuensi 275-399 MHz, GPS menggunakan frekuensi 1.575 MHz, sedangkan ILS (Instrument Landing System) menggunakan frekuensi 5.03-5.09 GHz. Demikian juga dengan lokasi peralatan tersebut telah diatur sedemikian rupa agar tidak terjadi interferensi.
Namun demikian, berbagai macam dan jenis dari peralatan elektronik portable yang ada sulit untuk dipantau frekuensi utamanya, apalagi harmonisasinya. Hal inilah yang menjadi perhatian dari para ahli keselamatan penerbangan. Sebab kendati kekuatan signal yang dikeluarkan sebagai harmonisasinya ini kecil, bentuk dan bahan struktur pesawat yang biasanya berongga dan terbuat dari almunium dapat berfungsi sebagai resonator dan memperbesar kekuatan signal ini. Sehingga pada tanggal 16 September 1988, Radio Technical Communication Aeronautics (RTCA) merekomendasikan dilarangnya penggunaan peralatan elektronik portable pada saat take-off dan landing.
Kendati demikian seberapa bahaya sebenarnya peralatan elektronik portable ini bagi keselamatan penerbangan, masih merupakan perdebatan. Berbagai riset mengenai hal ini masih terus dilakukan oleh para pembuat pesawat dan lembaga penelitian independen. Statistik yang dibuat oleh NASA mengenai kecelakaan pesawat dari bulan Januari 1986 hingga Juni 1996 menunjukan bahwa hanya 0,08 persen dari kecelakaan pesawat disebabkan oleh interferensi dari peralatan elektronik portable. Sebuah kecelakaan yang cukup besar, yakni jatuhnya pesawat Swissair di Nova Scotia ditenggarai disebabkan oleh interferensi elektromagnetis dari sistem multimedia. Namun hal inipun masih menjadi perdebatan para ahli.
Sehingga kesimpulannya, peralatan elektronik portable mempunyai potensi untuk membahayakan keselamatan penerbangan. Namun seberapa besar bahayanya, hingga kini masih dipelajari. Yang jelas, semua operator penerbangan pasti tidak ingin mengambil risiko sekecil apapun demi keselamatan penerbangan, hingga ada larangan untuk menggunakan peralatan elektronik portable ini, terutama saat take-off dan landing. Semoga tulisan ini dapat menjadi bahan pertimbangan ketika Anda terbang. (R. Heru Triharjanto/Air Safety Investigation pada Komite Nasional Keselamatan Transportasi
Lembaga Peralatan Perminyakan sedang melancarkan kampanye untuk Mencoba membuat orang waspada terhadap bahaya kebakaran yang diakibatkan oleh "statis" (yaitu, listrik statis) di SPBU. Mereka telah melakukan Penelitian terhadap 150 kasus kebakaran ini. Hasilnya sangat mengejutkan:
1. Dari 150 kasus itu, hampir semuanya wanita.
2. Hampir semua kasus melibatkan orang yang masuk kembali ke dalam mobil saat nozzle masih memompa bensin, ketika selesai dan mereka keluar kembali untuk menarik keluar nozzle maka kebakaran mulai terjadi, yang diakibatkan oleh listrik statis.
3. Sebagian besar bersepatu dengan sol karet.
4. Sebagian besar orang laki-laki tidak pernah masuk kembali ke dalam mobil sebelum pengisian bahan bakar benar-benar selesai. Itulah sebabnya mereka jarang terlibat dalam kebakaran jenis ini.
5. Jangan sekali-kali menggunakan HP saat mengisi bensin.
6. Uap bensinlah yang mengakibatkan kebakaran itu, ketika berhubungan dengan listrik statis.
7. Terjadi 29 kebakaran dimana kendaraan dimasuki kembali dan nozzle disentuh saat pengisian bahan bakar dari berbagai jenis merek dan model. Sebagian mengakibatkan kerusakan berat terhadap kendaraan, SPBU dan langganan.
8. Tujuh belas kebakaran terjadi sebelum, pada saat atau segera setelah tutup tangki bensin dilepas dan sebelum pengisian bensin mulai.Jangan sekali-kali masuk kembali kedalam kendaraan anda saat pengisian bensin sedang berlangsung. Jika anda memang terpaksa HARUS masuk kembali kedalam kendaraan anda saat bensin dipompa, pastikan anda keluar, menutup pintu SAMBIL MENYENTUH LOGAM, sebelum anda menarik nozzle keluar. Dengan cara ini listrik statis dari tubuh anda akan dibuang sebelum anda menarik keluar nozzle.Sebagaimana disebutkan sebelumnya, Lembaga Peralatan Perminyakan,bersama-sama dengan beberapa perusahaan lain, sekarang dengan sungguh-sungguh mencoba untuk membuat masyarakat umum mengetahui bahaya ini.Anda dapat memperoleh informasi lebih lanjut dengan mengunjungi http://www.pei.org Begitu sudah disana, click ditengah layar dimana ada kata-kata "Stop Static". Kami minta anda dengan sangat untuk mengirimkan informasi ini ke SEMUA keluarga dan kawan anda, terutama mereka yang membawa anak-anak dalam mobil saat mengisi bensin. Jika ini terjadi pada mereka, mereka mungkin tidak akan bisa mengeluarkan anak-anak tepat pada waktunya. Terima kasih atas kesediaan anda meneruskan informasi ini.
Sebagian besar orang termasuk gw sendiri, sering bertanya-tanya kenapa ya, koq di SPBU [Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum] sering ada tulisan TIDAK BOLEH MENGGUNAKAN HANDPHONE. .. ??? apa ini cuman mitos… Ilustrasi gambar berikut ini mungkin bisa menjawabnya :

Bahaya penggunaan handphone di pom bensin

Tanya
Masih soal handphone, ingat tidak setahun yang lalu kalau tidak salah sempat ada email beredar tentang bahayanya pakai handphone di pom bensin, itu hoax apa tidak yah? Menurutku, logikanya memang bisa berpengaruh ya tidak? Jadi paling tidak aku itu sudah wanti-wanti sama keluarga untuk tidak sms-an atau angkat/menelpon dengan menggunakan handphone kalau lagi di pom bensin. Di Pom bensin sektor 9 bintaro sini pernah/sempat ditempeli pengumuman untuk tidak pakai handphone saat pengisian/antri. Terus berapa bulan yang lalu aku sama suamiku mengisi bensin dan lihat pengumuman itu sudah tidak ada dan ada bapak-bapak lagi mengisi bensin sambil menelpon didepan mobilku. Terus suamiku tanya, kenapa dicopot mbak? Itu orangnya tidak dilarang. Jawaban si mbak-mbak yang jaga pom itu begini, soalnya orang-orang pada protes Pak, dikasih tahu tidak percaya, malah marah, ya sudah, kita turuni saja. Nah loo..iya kalau benar tidak papa, kalau malah kenapa-napa bagaimana ya? Sebenarnya bagaimana, aku jadi takut kalau lihat orang telpon lagi mengisi bensin [NMY]

Jawab
Itu bukan hoax lho Mbak, soalnya dulu saja waktu aku pertama kali beli handphone, tahun 98 kali ya, buku manualnya dibaca dengan seksama, dan disitu di tulis jelas larangan untuk memakai handphone di pom bensin, lupa juga kenapanya, tapi kalau tidak salah signal atau radiasinya itu yang bisa menyalakan api dari gas yang menguap di sekitar aliran bensin itu. Dan larangan itu juga bukan hanya untuk di pom bensin, tapi juga lahan yang banyak ranjau, karena bisa memicu ledakan ranjau-ranjau tersebut, dan ada beberapa tempat lagi seperti pesawat, yang tidak boleh menyalakan handphone tersebut, tapi lupa detailnya. Pokoknya, daripada apa-apa, lebih baik kalau ada larangan pakai handphone ikuti saja, toh tidak susah-susah amat menunda untuk menelpon beberapa saat, daripada menyesal [Rn]
Oh iya, mesin harus mati. Kalau mesin tidak mati, jika terjadi apa-apa, misal anak kita di dalam iseng (yang tidak ditaruh car seat) kalau mobilnya jalan, apa tidak jadi kerjaan? Atau kalau mesin panas dan ada percikan api, kena bensin wah bisa meledak. Jadi demi keamanan bersama, memang seharusnya mesin mati selagi mengisi bensin [Nk]
Waktu sabtu kemarin aku ke RS Boromeus (bag. THT), juga ditempeli stiker seperti itu tapi di ruang periksanya karena bisa mengganggu proses audiogram katanya [Ni]
Di pompa bensin dekat rumahku (cengkareng) masih terpasang gambar handphone dicoret. Sekalian mau tanya, kalau kita mengisi bensin apa mesin mobil harus dimatikan dulu ya? Kalau tidak salah dulu juga pernah dapat e-mail supaya mesin dimatikan dulu. Dulu waktu masih pakai sopir aku selalu wanti-wanti supaya mesin dimatikan dulu, tapi kata suamiku tidak apa-apa ya. Tapi aku sampai sekarang tetap matikan mesin kalu mau isi bensin [Els]
Mulai dari kita sendiri & orang-orang terdekat kita saja dulu, lama-lama bisa menular, sama kaya email soal haji jaya, cuma satu orang yang mengirim ke satu milis, habis itu haji jaya jadi topik yang top 10 minggu ini, semua orang 'ngeh' mengenai dia, semoga begitu juga dengan larangan penggunaan handphone di pom bensin, maksud aku topik handphone di pom bensin dibahas di milis DI, kali saja bisa menular ke milis lain, ya paling tidak kita tidak akan melihat moms DI atau pun keluarganya pakai handphone di pom bensin/tempat-tempat yang memang dilarang buat menggunakan handphone [Yn]
Kemarin saya ke klinik Dr Waluyo Sapardan, di ruang tunggunya juga ditempel stiker yang isinya meminta tidak mengaktifkan handphone di dalam kamar periksa, karena dapat mengganggu jalannya mesin-mesin USG & Radiologi [Rm]
dari Internet, milis ITB:
SPBU dapat meledak kalau cukup banyak uap bensin terkonsentrasi diudara dan ada sumber api/panas, misal dari orang merokok, menyalakan api, memotret dengan blitz dan sebagainya. Mengenai HP, bahaya kebakaran datangnya dari nyala (spark/etincelle) yang ditimbulkan oleh batere handphone, dan kelihatannya kalau terjadi demikian handphone itu sendiri tidak aman untuk digunakan [Dn]
[Collected on the Internet, 1999]

ingin punya domain sendiri?